• Minggu, 12 Juni 2011

      PENGERTIAN MEMAR

      Memar, lebam, (bahasa Inggris: bruise, contusion) adalah suatu jenis cedera pada jaringan tubuh, yang menyebabkan aliran darah dari sistem kardiovaskular mengendap pada jaringan sekitarnya, disebut hematoma, dan tidak disertai robeknya lapisan kulit. Memar ditimbulkan oleh trauma seperti tumbukan benda tumpul dan menimbulkan rasa sakit walaupun pada umumnya tidak berbahaya. Endapan sel darah pada jaringan kemudian mengalami fagositosis dan didaurulang oleh makrofaga. Warna biru atau ungu yang terdapat pada memar merupakan hasil reaksi konversi dari hemoglobin menjadi bilirubin. Lebih lanjut bilirubin akan dikonversi menjadi hemosiderin yang berwarna kecoklatan.
      (Sumber :  Wikipedia)
      Memar disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di bawah kulit. Perlahan-lahan, darah membusuk dan diserap. Saat penyerapan ini terjadi, darah kehilangan Oksigen dan berubah menjadi biru. Kemudian, memar berubah menjadi hijau, kuning, hingga akhirnya menghilang.
      Anda semua pasti pernah merasakan yang namanya memar. kalau sehabis dipukul atau jatuh pasti akan mengalami luka-luka dan warna kulit berubah menjadi warna biru. Dan kulit yang mengalami memarpun sangat lama sekali untuk kembali menjadi semula. Kulit butuh waktu untuk kembali ke warna semula. Nah disini penjelasan semuanya tentang memar, mulai dari pengertiannya sampai dengan cara menghilangkannya.
      Memar dapat menimbulkan rasa sakit tapi umumnya tidak berbahaya. Memar kadang dapat menimbulkan akibat serius, menyebabkan suatu bentuk yang lebih mengancam jiwa yang dikenal dengan nama hematoma dan dapat pula dikaitkan dengan cedera lain yang lebih serius misalnya patah tulang atau pendarahan dalam. Memar kecil mudah dikenali karena karakteristik warna biru atau ungunya beberapa hari setelah terjadinya cedera.
      Nyeri pada memar biasanya ringan sampai sedang dan pembengkakan yang menyertai sedang sampai berat. Adapun memar yang mungkin terjadi pada daerah kepala, bahu, siku, tangan, dada, perut dan kaki. Benturan yang keras pada kepala dapat mengakibatkan memar dan memungkinkan luka sayat

      0 komentar:

      Posting Komentar

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news